Hadiah Terbesar Dari Allah Untuk Penghafal Quran



 Hadiah terbesar dari Allah untuk penghafal Quran bukanlah 30 juz, tapi semakin dekatnya ia dengan Sang Penciptanya.

Karena, ada yang selesai 30 juz, tapi menerbitkan kesombongan dalam hatinya. Ada yang selesai 30 juz, tapi menjadikannya semakin jauh dari Allah.

Barangkali, selama ini dia menghafal bukan untuk Allah, melainkan menuruti syahwat dunianya.

Sebaliknya, bukankah ada yang melewati masa yang teramat panjang menghafal Al-Quran, lalu tak juga ia dapatkan 30 juz itu. Tapi, hatinya senantiasa bersorak bahagia setiap kali duduk berduaan dengan Al-Quran.

Duhai beruntungnya Penghafal Quran yang memiliki rasa itu. Bahagianya tak lagi dibatasi oleh angka-angka dunia. Bahagianya sesederhana ungkapan 'Asalkan bisa terus bersama Al-Quran'.

Maka, sambutlah hadiah terbesar itu. Bukan 30 juz. Bukan juga seberapa banyak hafalan. Hadiah besar itu, berupa ketundukan hati yang semakin bertambah, seiring bertambahnya ayat-ayat yang dihafal.

Tak mengapa belum kunjung selesai. Tak mengapa lebih lambat dari yang lain. Bahkan, tak mengapa masih terbata-bata. Jika dengan itu, bertambah kemesraan kepada Allah, mengapa perlu kecewa? Itulah hadiah terbesarnya!

Demi Allah, jagalah hadiah besar itu! Mulai hari ini, jangan pedulikan apa-apa lagi, selain ridho Allah. Bahwa, tak peduli apapun hasilnya, asalkan Allah ridho, maka nikmatilah perjuangannya.

Ingatlah! Yang terpenting, bukan selesai, tapi dekat dengan Allah!

___
Ahmad Khoirul Anam | @rindu_surga_
12 Juni 2022 | Saat senja tersiram hujan, di Ponpes Tahfizh Nurul Hidayah, Sukabumi

##